ASSALAMMU'ALAIKUM WR. WB temen2 ne BLOGNYA RAHMA ISTIQOMAH
SELALU BERPIKIR POSITIF UNTUK MASA DEPAN YANG CERAH MEMBERIKAN KEBAIKAN KEPADA UMAT

ayo bekerja keras
ayo bekerja ikhlas
ayo bekerja ibadah
sukses organisasi sukses study sukses ibadah Powered By RAHMA ISTIQOMAH

Rabu, 20 April 2011

Manfaat Pembelajara Micro Teaching

Menyiapkan Guru yang Berkualitas
dengan Pendekatan Micro Teaching

Untuk mempersiapkan diri menjadi guru berkualitas dibutuhkan paling sedikit 10 kompetensi profesional yang kemudian dapat dirangkum menjadi dua kompetensi utama yaitu penguasaan bahan pelajaran dan dapat mengajarkan bahan tersebut secara jelas dan menarik. Untuk membantu menerapkan kompetensi profesional itu di kelas, penulis mengusulkan penggunaan pendekatan micro teaching.

Kata kunci : Guru, mutu, mengajar, penguasaan bahan ajar
Abstract
There are at least ten profesional competencies which have to be mastered if a teacher wants to be a qualified teacher. The ten profesional competencies then can be categorized to become two competencies namely: The ability to master the subject matter well and the ability to present that subject matter clearly and interestingly. To support the application of the profesioanl competencies, the writter proposes a Micro Teaching Approach.

Manfaat Micro Teaching Secara Lebih Luas

Penerapan micro teaching tidak hanya terbatas pada tujuan mencari calon guru yang dapat mengajar dengan baik dan upaya mendorong (encourage) terhadap guru-guru untuk selalu meningkatkan performance-nya. Tetapi masih dapat digunakan dengan tujuan-tujuan lain.


Pendekatan micro teaching dapat dimanfaatkan untuk mencari seorang guru menjadi model dalam mengajar. Guru yang dijadikan model memang sudah diakui keandalannya dalam mengajar. Namun demikian tidak harus semua bidang studi ada seorang model guru. Tentukan bidang studi yang dianggap harus ada guru model. Pendekatan ini juga dapat digunakan untuk mengajar tanpa kehadiran guru. Misalnya guru mengajar bidang studi x dengan pokok bahasan y, proses mengajarnya direkam. Jika suatu saat guru itu berhalangan, guru pengganti atau guru piket dapat memutar ulang rekamanitu. Siswa tinggal melihat dan mendengarkan. Materi pengajaran yang disampaikan dengan metode eksperimen, demonstrasi atau ceramah sangat cocok.

Masih banyak manfaat lain dari kehadiran micro teaching, tergantung daya kreatif dari orang-orang atau unit yang mendapat tugas untuk mengelolanya.

Pendekatan micro teaching ditujukan untuk pembentukan profesionalitas guru. Sasaran yang hendak dicapai adalah, guru/calon guru supaya memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya dalam tugas dan perannya disekolah. Dengan pendekatan micro teaching guru calon guru berlatih mengajar secara terbatas (isolated skill development), namun tetap mengajar yang sesungguhnya secara diawasi (supervised teaching), sebelum mengajar yang sesungguhnya secara penuh (full-responsibility teaching). Pendekatan micro teaching memberi kesempatan seluas-luasnya bagi guru/calon guru untuk mengeksplorasi semua kelebihannya, memberi
kesempatan untuk mengukur kemampuannya. Mereka dapat mengevaluasi diri dan mengetahi, sejauh mana kemampuan dan penampilannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar